Saat di UK, Kami Diundang ke Sekolah untuk Terlibat Kegiatan Pembelajaran


yogya.win -- Sebuah Metode Pembelajaran yang menarik .


Waktu itu awal musim dingin (Winter),ketika malam lebih panjang dari siang dan gelap datang lebih awal. Satu minggu itu, tema pembelajaran di sekolah Abram adalah tentang Benda-benda Antariksa, dan di salahsatu hari Abram belajar “Stargazing”.

Oya,  Level sekolah Abram ini adalah Infant School, yaitu untuk kelas Reception (untuk anak umur 4 tahunan), year 1 (5 tahunan), dan year 2 (6 tahunan).



Interestingly, team guru juga melibatkan orang tua atau wali untuk mempelajari tema tersebut. Kita diundang ke sekolah (bersama si anak) untuk bersama-sama belajar dengan melihat bintang2 di langit (Stargazing). Di dalam surat undangan untuk para orang tua sudah dilengkapi dengan himbauan untuk "membungkus diri kita dengan baju tebal hangat (maklumlah, disini sedang winter). 

Ternyata lumayan banyak juga orang tua dan wali yg datang saat itu.


Pihak sekolah sudah menyediakan telescopes dan binoculars di halaman sekolah. Oya, kita juga diberitahu bahwa kita bisa mendownload “SKYVIEW” application di mobile phone atau tablet untuk melihat bintang-bintang di langit beserta nama bintang tersebut. 

Kita sebagai ortu benar-benar menikmati kegiatan ini, terutama dgn aplikasi tersebut, kita bisa liat bintang-bintang dan rasi-nya, seperti Aquarius (yg kebetulan bintang saya hehe), Taurus, Pisces, dan lain sebagainya. 

Setelah beberapa lama diluar, pihak sekolah mempersilahkan kita untuk menghangatkan diri masuk ke ruangan yang ada penghangatnya, Di samping itu disediakan pula minuman hot chocolate dan biscuits untuk sekedar menghangatkan badan. Setelah beberapa menit di dalam ruangan, kita keluar lagi melanjutkan kegiatan Stargazing lagi.

Yang pastinya ketika orang tua datang ke sekolah dan ikut terlibat dalam pembelajaran, akan ada banyak manfaat yg bisa diambil, misalnya hubungan orang tua, guru,dan pejabat sekolah lebih akrab, anak-anak juga senang ketika ditemani orang tua mereka.


Menariknya lagi, homework anak-anak pun berkaitan dengan stargazing. Di rumah mereka disuruh melakukan riset (duhhh…masih kelas 1 udah disuruh riset ya, ngalahin yg PhD nih ... hehe) tentang stargazing ini. Beberapa bahan/sumber/link juga diberikan, salah satunya “Cbeebies Stargazing” 
(It is strongly recommended to see this show). 


Abram sendiri sangat menikmati pembelajaran ini.

Beberapa hal yang bikin saya kagum dengan metode pembelajaran ini adalah : 
  1. Pertama, para orang tua/wali yang sangat mendukung pelajaran di sekolah (terbukti dengan banyaknya ortu yg datang padahal keadaan diluar sangat dingin). Mungkin kalau orang tua yang tidak terlalu memperhatikan pembelajaran anaknya di sekolah akan berpikiran membuang2 waktu dan tenaga datang ke sekolah hanya untuk melihat bintang2 di langit. Apalagi keadaan di luar sangat dingin. 
  2. Kedua, pemerintah pun ikut berperan dalam pembelajaran ini (terbukti dengan adanya tayangan “stargazing” di channel BBC yang memberikan ilmu tambahan bagi si anak). 
  3. Ketiga, adanya integritas dalam satu tema tertentu, yaitu mulai dari pengenalan tema tersebut disekolah, mengemasnya dengan having fun (mengundang ortu untuk melibatkan mereka dalam tema tersebut), dan memberikan PR yg berkaitan dengan tema tsb. 



Selain kegiatan tadi, ada banyak event lain di sekolah Abram yang juga melibatkan dan mengundang orang tua. Contohnya seperti 'Bring Dad to School' , Story Telling from Parents/Guardians, Coffee Morning dimana orangtua/wali datang ke sekolah dan duduk di kelas ikut kegiatan belajar mengajar.

It's really interesting ...

Colchester, Winter 2014




0 comments:

Post a Comment