Sepi dari Publikasi, Anak Indonesia Raih Juara Terbaik Sekolah di Inggris


Ya memang diam-diam karena tanpa publikasi di majalah/surat kabar, baik media cetak maupun online.
Keputusan untuk pindah tempat tinggal, juga pindah sekolah, ke negeri orang bukanlah keputusan yang mengenakan bagi seorang anak yang sudah tumbuh kembang di negeri sendiri. Meskipun, anak tersebut sudah berpindah-pindah sekolah 3x di Indonesia.

Itulah yg dirasakan dan dialami Fawwaz, 9 tahun, saat saya harus mulai melanjutkan studi di negeri Pangeran Charles beberapa tahun yang lalu. (Baca tulisan Fawwaz tentang ini di http://www.yogya.win/2015/12/my-boys-story-unexpected-goodbye.html)

Prestasi sekolah pertama di Inggris Alhamdulillah lumayanlah untuk anak baru seperti Fawwaz yang bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu. Terlihat dari komentar guru kelas-nya yang selalu memuji prestasi Fawwaz (padahal sifat memuji dari guru-guru di sini adalah hal yang wajar saja loh hehe).

Setelah pindah ke sini dan masuk year 5, Fawwaz pun naik ke kelas 6 (semua siswa disini pasti naik kelas, gakada yang harus stress). Prestasi nya juga sudah lumayan, terutama utk bidang Math.

Setelah menyelesaikan year 6, Fawwaz pun melanjutkan ke secondary school Colchester Academy. Yang letaknya juga hanya 10 menit bersepeda dari rumah. Disinilah prestasi Fawwaz terlihat menonjol. Sering mendapat penghargaan utk subject (mata pelajaran) tertentu terbaik sejak year 7. Sering juga dapat sebut  "pupil of the week", suatu penghargaan dari sekolah utk anak yang punya sesuatu lebih, tidak harus secara akademik.

Fawwaz juga terpilih sebagai year leader waktu kelas 7, 8 dan 9, seingat saya. Pernah juara 1 lomba catur se-angkatan dia. Pernah juga 'di-adu' oleh gurunya dengan angkatan di atasnya sewaktu dia di year 9, untuk mengerjakan tes IGCSE Math, dan bisa mendapatkan skor terbaik mengalahkan mereka yang di year atasnya. Harap diketahui, IGCSE, adalah tes akhir untuk murid-murid di year 11 (dua angkatan di atasnya).

Tahun lalu, 2014, Fawwaz pun ikut North Essex Math Olympiad (NEMO) mewakili sekolahnya, bersama 2 teman lainnya. Mereka pun memenangkan juara 1. Sekolah saat itu sungguh surprise dan bangga atas raihan ini, karena belum pernah sekolah ini mendapatkan prestasi terbaik semacam ini sebelumnya. Tim ini berhak memperolah medali emas (gold medal), termasuk bisa mengalahkan team unggulan dari Royal Grammar school, sekolah paling bagus di Essex county. Dan nama Fawwaz dan Colchester Academy pun menjadi cukup terkenal di sekolah-sekolah area Colchester karena prestasi ini.

Di tahun 2015, Fawwaz kembali mewakili sekolahnya dalam kompetisi NEMO untuk year 10, dan mendapatkan rangking ke-dua untuk daerah North Essex.
Yang Terbaik di Colchester Academy, hanya Fawwaz yg dari luar England


Fawwaz juga pernah mewakili sekolah nya untuk mengikuti program Math Mastercard Class yang di organisasi oleh Royal Institution London. Untuk kegiatan ini, murid2 yg di tunjuk oleh organisasi tsb diundang ke sekolah tertentu utk.diberikan pelajaran Math yg mereka belum pernah didapatkan di sekolah, dan memang materinya lebih aplikatif. Jadi semacam further Math, pematerinya-pun bergantian tiap session, salah satu nya dari dosen-dosen di kampus saya. Kegiatan ini berlangsung cukup lama dan diadakan setiap 2 minggu sekali. Acara puncaknya adalah beberapa minggu yang lalu, bertempat di kampus University of Essex, berupa pemberian serifikat bagi seluruh peserta dan mengikuti beberapa lectures oleh dosen-dosen dari kampus tersebut.

Puncak prestasi Fawwaz di sekolah adalah pada acara Reward Ceremony Evening yg diadakan kemaren sore di-sekolah-nya. Fawwaz terpilih sebagai murid utk kategori "Outstanding Achievement" untuk year 9.
Cerita Fawwaz menjelaskan sambil bawa surat undangan untuk orangtua,  Dia jelaskan bukan hanya untuk satu jenis pelajaran saja, karena ada beberapa temannya yang dapat tapi hanya untuk 1 pelajaran saja, seperti science achievement, sport achievement dsb. "I got Outstanding Achievement, It is for all subject, Mum" begitu katanya.



Ternyata pada saat acara itu, dia dipanggil maju ke panggung 2x : pertama untuk penghargaan Geography Achievement, dan yang kedua untuk Outstanding Achievement. Dia tidak menjelaskan kalau akan menjelaskan tentang 2 penghargaan tersebut sekaligus.

Kata year-leader-teacher-nya, "He is the best student in year 9". Ada rasa haru dan bangga saat melihat Fawwaz maju ke depan panggung untuk mendapatkan sertifikat dan plakat dari Headteacher (kepala sekolah)-nya.

Alhamdulillah, Anak yg awalnya dulu kurang percaya diri (dlm bahasa Inggris) bisa mengukir prestasi terbaik di Inggris, diam-diam.

Semoga mas Fawwaz tetap berprestasi dimana pun berada, dan bisa berguna bagi agama, masyarakat dan bangsa/negara kelak, Aamiiin.

Colchester, 2 July 2015

0 comments:

Post a Comment