Selama Berkendara di UK, Saya Tidak Perlu Bawa STNK


yogya.win (13/01/17) -- Postingan ini saya buat setelah membaca berita yang beredar bahwa ada kenaikan biaya untuk pengurusan STNK dan BPKB mulai 6 Januari 2016. Salah satu alasan kenaikan biaya tersebut adalah adanya kenaikan komponen biaya cetak.
Peraturan baru yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia itu mencantumkan tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengungkapkan alasan kenaikan biaya pengurusan STNK dan BPKB karena kedua jenis layanan yang menjadi fungsi Kepolisian RI.
"Polri sejak 2010 atau sudah tujuh tahun tidak pernah melakukan penyesuaian tarif, jadi sekarang Kepolisian RI memperbaiki servis ke masyarakat untuk pengurusan STNK, dan lainnya," ujar Sri Mulyani di kantornya pada Selasa (3/1/2017). (sumber : liputan6.com)
Apapun alasannya, telah terjadi kenaikan biaya untuk STNK dan BPKB yang kenyataannya juga dibarengi dengan kenaikan-kenaikan harga lainnya seperti harga bahan bakar minyak (bbm)dan tarif dasar listrik (tdl).


Baiklah, sekedar ingin berbagi saja, sesuai pengalaman saat tinggal di UK. Saya tidak pernah mengalami kenaikan biaya untuk pengurusan surat-surat kendaraan. Mungkin karena semuanya sudah terkomputerisasi, tidak perlu banyak cetak dokumen di atas kertas khusus (yg pasti akan terus naik harganya).

Polisi pun saat merazia kendaraan juga hanya 'membaca' nomor kendaraan saja, sudah bisa dilihat kelengkapan semua persyaratan untuk sebuah kendaraan diperbolehkan berada di jalanan UK, seperti V5 cocok, pajak, MOT, dan insurance,

Sewaktu saya beli mobil di sana, pemilik sebelumnya sudah memiliki dokumen registrasi kendaraan (vehicle registration document) atau disebut V5. Dokumen ini tidak perlu dibawa2 saat berkendara. Dokumen V5 ini berisi identitas pemilik saat ini, dan calon pemilik baru / pembeli bila nanti mau pindah tangan atau dijual. Nomor plat mobil tidak pernah berubah meskipun ganti pemilik ataupun pindah lokasi.

Jika ada perubahan pada kendaraan, seperti perubahan warna, alamat,atau jual beli,maka dokumen V5 tersebut harus sudah diisi lengkap dan dikirimkan ke DVLA (Driver & Vehicle Licensing Agency). Pihak DVLA akan menambahkan record baru pada data kendaraan tersebut.

Selanjutnya dalam beberapa hari sang pemilik mobil akan mendapatkan dokumen V5 baru yg berisi data terkini.
Jadi untuk urusan surat-surat kendaraan di UK, kita tidak perlu repot datang ke kantor, antri, mungkin jg bolak-balik kalau ada yg kurang dan menghabiskan waktu & tenaga, Sehingga di sana tidak perlu biaya tambahan yang dikeluarkan, selain biaya perangko pos saja.




Gimana dengan bayar Pajak Kendaraan (Road Tax) di UK
Setiap tahun, 1 bulan sebelum pajak kendaraan, di Uk disebut road tax, habis masa berlakunya, kantor DVLA akan mengirim surat reminder atau V11 ke alamat yang tercatat pada dokumen V5. Surat V11 ini berisi nomor kode saat membayar pajak secara online. Kode ini hanya khusus untuk kendaraan anda saja.

Apabila anda ingin mengecek apakah pajak kendaraan sudah dibayarkan atau belum secara online juga di alamat link ini https://www.gov.uk/check-vehicle-tax

Sekali lagi polisi UK bisa mengecek semua kelengkapan kendaraan, termasuk pajak jalan ini, tanpa perlu memberhentikan kendaraan tersebut.



0 comments:

Post a Comment