Pergilah Haji selagi engkau Mampu ... (Berhaji dari UK Bagian 1)


Dulu, sejak kecil kita sering mendengarkan ceramah/pengajian tentang ibadah haji. Pergilah haji selagi engkau mampu begitu kata para ustadz/ustadzah.

Waktu itu, kata mampu selalu dikaitkan dengan mampu secara ekonomi, mampu membayar ongkos naik haji, mampu membiayai baik bagi yang pergi haji ataupun keluarga yang ditinggalkannya di tanah air.


Namun, seiring dengan waktu kata mampu dalam materi saja tidak cukup untuk berangkat haji. Kita yang tinggal di Indonesia, meskipun memiliki harta yang lebih dari cukup, mungkin ber-miliaran atau triliunan rupiah, belum tentu bisa pergi ibadah haji saat ini. Data terakhir menunjukkan, waktu tunggu untuk pergi haji dari Indonesia bisa antara 20 - 30 tahun, bergantung wilayahnya.

Menurut saya, saat ini kata mampu bagi kami lebih mengarah pada memiliki kesempatan. Mari ikutilah perjalanan kami untuk pergi ke tanah suci tahun 2013, berangkat dari London, UK.

"Le, pergilah Haji selagi kamu mampu" teringat pesan Ibu kepada suami waktu itu.
"Rani, kalau kalian ada kesempatan dan kemudahan, pergilah Haji dari sana" dan pesan yang serupa juga disampaikan Ibu.

Pesan itu tidak hanya disampaikan sekali dua kali. Kami pun merenungkan dan mulai mencari-cari informasi tentang keberangkatan haji dari UK. Kebetulan waktu itu dari kota tempat tinggal kami belum ada warga Indonesia, yang tinggal sementara di UK (bukan permanen), yang sudah berangkat haji sebelumnya. Hingga, kami mendapatkan satu informasi penting bahwa kita (warga Indonesia) diperbolehkan menunaikan ibadah haji dari UK dan kembali lagi ke UK, asalkan kita memiliki student visa, dependant visa, atau working visa yang masih berlaku.


Akhirnya kami memutuskan .....

Bersambung ke Pergilah Haji selagi engkau mampu .. Bagian 2



0 comments:

Post a Comment